Pages

Jumat, 03 Juni 2011

Budidaya Ikan Maskoki

clip_image002

Ikan Maskoki termasuk dalam kategori ikan hias, sehingga untuk menghasilkan ikan yang berkualitas baik diperlukan lingkungan yang baik dan makanan dengan nutrisi yang cukup.

Syarat Lingkungan Ikan Maskoki

  • clip_image001 Kualitas Air

    Media apapun yang digunakan kualitas air memegang peranan penting, untuk itu kebersihan harus selalu terjaga. Air untuk budidaya Ikan Maskoki tidak boleh mengandung zat-zat yang berbahaya bagi ikan seperti amoniak yang dihasilkan oleh sisa makanan dan kotoran ikan. Dalam jumlah tertentu amoniak tidak berbahaya bagi Ikan Maskoki tetapi dalam jumlah banyak akan mengakibatkan kematian pada Ikan Maskoki. Untuk menghilangkan amoniak perlu dilakukan proses filtrasi pada air kolam/akuarium atau mengganti air dalam akuarium/kolam secara periodic

    clip_image001[1] OKsigen Terlarut

    Oksigen merupakan elemen penting bagi pertumbuhan Ikan Maskoki. Agar kandungan oksigen yang terlarut dalam air cukup bagi Ikan Maskoki ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

    * Kepadatan kolam tidak boleh melebihi kapasitas, kolam/akuarium yang terlalu penuh sesak akan menyebabkan ikan berebut oksigen dan kotoran semakin banyak sehingga kandungan amoniak semakin banyak pula. Efek lebih lanjut adalah kematian pada ikan.

    * Memberi tambahan aerator pada kolam/akuarium, penambahan aerator sangat penting dalam menambah oksigen terlarut dalam air. Selain penambahan aerator dalam kolam/akuarim bisa dibuat air terjun dengan pompa air. Air terjun cukup efektif menambah kandungan oksigen.

     

0 komentar:

Posting Komentar